.

TOKO ONLINE

Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch

Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch
Rp 1.249.000

Winner U8008 Skeleton Automatic Mechanical Watch

Winner U8008 Skeleton Automatic Mechanical Watch
Rp 349.000

PETUNJUK TOKOH MASYARAKAT KEPADA PEMERINTAHAN SAMOSIR

Posted by Berman HS Rabu, 05 April 2017 0 komentar


 
Gambar Kantor Bupati Samosir di Hutanamora Kecamatan Pangururan Kab. Samosir. Cerita Samosir, (11/05). BHS


PANGURURAN – Selain peduli terhadap budaya adat batak kususnya di Kabupaten Samosir,  tokoh masyarakat juga peduli akan kemajuan Kabupaten Samosir dan kesejahteraan  warga Samosir. Diselah-selah kesibukannya sebagai tokoh masyarakat dan raja adat, Op. Manatap Simbolon atau sering di kenal Raja dua belas (69); menyampaikan saran dan petunjuk kepada Keperintahan Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga melalu PALAPA POS saat di jumpai kemarin.

Raja dua belas menyampaikan bahwa Kabupaten Samosir memiliki 3 (tiga) unsur yang perlu di benahi kalau mau Samosir Sejahtera,  

yang pertama; Danau Toba-nya- di danau toba kaya akan ikan tetapi masyarakat Samosir belum ada yang merasakan hasilnya secara signifikan.

Yang kedua;  kelereng pulau Samosir- di sekitar kelereng pulau Samosir, lebih cocok dan memang cocok sesuai dengan suhunya adalah bertani padi, bertani, kacang, dan bertani bawang. Tapi,  sering mengalami kekeringan  kekurangan air sehingga hasil panen sering gagal, sehingga para petani jadi ragu menanam padi, kacang, dan bawang secara besar-besaran.

Kemudian yang ketiga; batok pulau Samosir – Ronggurnihuta sekitarnya, Onan Runggu Sekitarnya atau daerah yang suhunya dingin. Tanaman Kopilah yang subur di sana dan berbuah yang melimpah.

“Kalau kita tanam kopi di daerah kelereng Pulau Samosir, tidak akan menghasilkan, karena suhunya panas, juga sebaliknya, kalau kita tanam buah alfokat, durian, dan sebagainya di daerah batok pulau Samosir juga tidak berbuah. Tanaman yang cocok di kelereng pulau Samosir adalah kacang, bawang, dan padi namun kendalanya sering kekurangan air. Maka perlu di bentuk Sekdam untuk menampung air, sehingga jika musim kemarau tiba maka air dari penampungan itu bisa di manfaatkan oleh petani. Maka sejahteralah warga,” seru Raja Dua belas kepada Wartawan kemarin.

“Apa salahnya, danau buatan di buat di sekitar pertanian/persawahan,” pungkas-nya menutup pembicaraan.

“Di ketiga unsur ini, Pak Bupati dan Wakil-nya harus jeli di sini,” lanjutnya.

Diluar dari topik pembicaraan, Raja duabelas menyampaikan kekesalannya terhadap anggota Dewan dan Raja duabelas sudah sering menyampaikan dalam forum diskusi bersama anggota dewan. “Masih banyak di Samosir yang kekurangan makanan, tetapi anggota dewan yang terhormat berlebihan. Kenapa ? karena selain gaji di atas Rp.6.000.000 anda juga ikut berproyek, padahal masih banyak orang yang lebih membutuhkan dan serba kekurangan,” begitu Raja duabelas mengulangi protesnya waktu diskusi bersama DPRD beberapa tahun yang lalu. (bhs)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PETUNJUK TOKOH MASYARAKAT KEPADA PEMERINTAHAN SAMOSIR
Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ceritasamosir.blogspot.com/2017/04/petunjuk-tokoh-masyarakat-kepada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Sergio Jaya
Toko Pakaian di Samosir

The Alien
CERITA SAMOSIR WARTAWAN: BERMAN HS support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of CERITA SAMOSIR.

Lencana Facebook

Blogroll